Logo Scrum.co.id
Banner Pelatihan Sertifikasi Advanced Professional Scrum Master di Indonesia

Pelatihan Sertifikasi Advanced Professional Scrum Master


Pelatihan Advanced Professional Scrum Master adalah pelatihan tingkat advanced untuk Scrum Master yang sudah memiliki pengalaman dalam memimpin perusahaan menuju agility. Pelatihan Advanced Professional Scrum Master dikhususkan untuk Scrum Master yang ingin membedakan dirinya dibandingkan Scrum Master lainnya di pasar kerja. Pelatihan ini akan fokus membahas stances yang perlu dikuasai oleh seorang Scrum Master:

  • Scrum Master as a Teacher
  • Scrum Master as a Coach & Mentor
  • Scrum Master as a Facilitator
  • Scrum Master as a Change Agent
  • Scrum Master as a Servant Leader

Selama dua hari peserta akan belajar area kritis yang perlu diketahui oleh Scrum Master agar dirinya bisa berkembang menjadi pribadi yang efektif dalam menggiring perusahaan dalam memahami prinsip dan nilai-nilai di balik Scrum yang bertujuan untuk meningkatkan agility di dalam perusahaan. Peran Scrum Master saat ini sudah tidak lagi bisa dianggap remeh dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengadopsi Scrum dalam pengembangan produk. Scrum Master yang efektif bukan hanya tahu aturan main dan ritual dalam Scrum namun ia juga harus dapat tahu kapan dia harus menjadi seorang Teacher, Coach, Mentor, Facilitator maupun seorang Servant Leader yang sangat dipengaruhi oleh keadaan ataupun tantangan yang dihadapi saat itu.

Scrum Master yang efektif bukan hanya fokus dalam memimpin Development Team, namun sebagai servant leader ia juga harus tahu bagaimana memimpin stakeholder maupun manajemen di dalam perusahaan untuk dapat memahami nilai tambah yang didapatkan oleh perusahaan lewat Scrum dan Agile. Selama pelatihan ini akan banyak praktik-praktik teaching, coaching dan facilitation yang akan dibawakan oleh trainer lewat bermain peran.

Silabus Pelatihan

Praktik, alat, keahlian dan ciri-ciri perilaku seorang Scrum Master yang efektif

Banyak Scrum Master yang belum terlalu paham perannya di dalam Scrum Team. Di banyak tempat banyak yang mengira Scrum Master adalah manajer proyek. Di banyak tempat banyak juga yang mengira Scrum Master adalah seorang Technical Leader yang memberikan solusi teknis untuk Development Team. Bagian ini akan membahas studi kasus dan bagaimana Scrum Master menggunakan stance sebagai seorang coach, facilitator, mentor, servant-leader dan teacher.

Bagaimana seorang Scrum Master menggunakan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Scrum dalam pengambilan keputusan

Scrum Master yang efektif tidak memberikan solusi kepada tim. Scrum Master juga tidak percaya dengan adanya best-practice karena setiap tim dan setiap konteks berbeda-beda. Scrum Master yang efektif memahami secara mendalam bagaimana menggunakan Scrum values sebagai kompas yang mengarahkan tim untuk mencari solusi mereka sendiri yang mereka miliki.

Apa itu servant-leadership dan bagaimana Scrum Master dapat meningkatkan keahliannya dalam servant-leadership.

Scrum Master adalah seorang servant-leader. Namun praktiknya di lapangan servant-leader sering kali dianggap sebagai asisten pribadi ataupun sekretaris untuk tim. Di bagian ini kita akan mendalami atribut seorang servant-leader dan apa yang membuat servant-leader berbeda dengan pemimpin tradisional yang cukup umum di perusahaan-perusahaan dewasa ini.

Coaching Product Owner dalam perusahaan

Banyak Scrum Master yang hanya fokus coaching Development Team saja. Scrum Master juga harus coaching Product Owner di dalam perusahaan. Coaching Product Owner tentu saja berbeda dengan Coaching Development Team. Di bagian ini peserta akan belajar mengenai perbedaan antara Product Owner dengan Manajer Proyek dan bagaimana Scrum Master bisa melayani Product Owner agar keseluruhan product delivery menjadi efektif dan agile.

Coaching Manajemen dan pimpinan perusahaan

Tanggung-jawab Scrum Master adalah meningkatkan agility di dalam perusahaan. Memberikan coaching kepada manajemen dan pimpinan perusahaan adalah salah-satu hal yang harus dilakukan oleh Scrum Master karena sering kali manajemen dan pimpinan perusahaan memiliki pemahamannya sendiri mengenai Scrum dan memaksakan kehendaknya kepada Scrum Team. Agar dapat coaching manajemen dan pimpinan perusahaan, Scrum Master perlu memperbesar kapasitasnya dan memahami titik kelemahan manajemen dan pimpinan perusahaan yang bisa digunakan Scrum Master untuk menggiring mereka ke arah pemahaman yang benar dan menjadi rendah hati.

Coaching Scrum Master lainnya di dalam perusahaan

Di dalam perusahaan yang cukup besar, sangat umum ada beberapa Scrum Master. Di perusahaan ini sangat umum melihat beberapa Scrum Master dengan tingkat pemahaman yang berbeda dan pengalaman yang berbeda-beda. Bagian ini akan mengajarkan bagaimana Scrum Master dapat coaching Scrum Master lainnya yang juga merupakan koleganya sendiri tanpa merasa ada senioritas.

Strategi dan perencanaan dalam membuat perubahan di dalam perusahaan guna meningkatkan agility di dalam perusahaan

Scrum Master adalah seorang agen perubahan. Namun perubahan tidak terjadi dalam semalam. Scrum Master harus memahami sistem di mana dia berada sebelum membuat perubahan. Scrum Master harus memiliki rencana jangka panjang untuk merubah perusahaan menjadi lingkungan kerja yang safe-to-fail dapat meningkatkan agility dengan tingkat resistensi seminimal mungkin di dalam perusahaan .

Teknik dalam mengatasi dan memfasilitasi konflik di dalam tim maupun dengan manajemen

Konflik adalah hal yang cukup umum terjadi di dalam pengembangan produk menggunakan Scrum. Setiap orang mulai dari anggota Development Team, Product Owner, pengguna maupun manajemen memiliki egonya masing-masing dan tidak mau kalah. Tidak jarang kita juga menemukan di perusahaan para pemegang keputusan hanya menggunakan kekuatan politiknya dalam membuat keputusan. Hal ini tentu saja sangat menantang sebagai seorang Scrum Master sebagai seorang servant-leader dan fasilitator. Belajar teknik memfasilitasi tanpa menggunakan kekuasaan yang efektif dan memaksimalkan collective-intelligence.

Target Peserta

Pelatihan Advanced Professional Scrum Master (PSM) dari Scrum.org di Indonesia bukan pelatihan untuk pemula dalam Scrum. Peserta diharapkan sudah paham prinsip-prinsip dasar dari Scrum yang telah diajarkan di pelatihan Professional Scrum Master. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelatihan ini, peserta diharapkan bukan Scrum Master part-time yang juga merupakan manajer proyek ataupun technical leader tetapi 100% Scrum Master di perusahaan.

Prasyarat

Untuk mengikuti pelatihan ini peserta wajib:

Pelatihan ini sudah termasuk

Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman dari trainer asli orang Indonesia, peserta akan mendapatkan:

  • Modul pelatihan Advanced Professional Scrum Master.
  • Token ujian Professional Scrum Master (PSM) II sebanyak dua buah.
  • Diskon 40% untuk mengambil ujian Professional Scrum Master (PSM) III.
  • Makan siang dan coffee break untuk dua hari pelatihan.
  • Akses ke dalam komunitas eksklusif Professional Scrum Master Indonesia dan coaching langsung dari Joshua Partogi.

Pelatihan ini tidak termasuk

Biaya penginapan dan biaya transportasi menuju tempat pelatihan. Peserta diharapkan untuk menanggung biaya penginapan dan biaya transportasinya masing-masing.

Jadwal Pelatihan

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Indonesia

25-26 Feb 2019 09:00-17:00